Created by Nk Bakrie. Diberdayakan oleh Blogger.

PRINSIF KERJA MOTOR DIESEL 4 LANGKAH

>> Rabu, 09 Juni 2010

a.Langkah Isap (intake stroke).
piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati Bawah (TMB). Intake Valve terbuka dan exhaust Valve tertutup, udara murni masuk kedalam silinder melalui intake valve


b.Langkah Kompresi (compresion stroke)
Udara yang berbeda di dalam silinder dimampatkanoleh piston yang bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas, dimana kedua valve , dimana kedua valve intake dan exhaust tertutup. Selama langkah ini tekanaan naik 30-40 kg/cm2 dan temperatur udara naik 400-500 derajat celcius.


c.Langkah Kerja (power stroke)
pada langkah ini, intake valve dan exhaust valve masih dalam keadaan tertutup, partikel-partikel bahan bakar yang di semprotkan oleh nozzle akan bercampur dengan udaran yang mempunyai tekanan dan suhu tinggi, sehingga terjadilah pembakaran yang menghasilkan tekanan dan suhu tinggi.
Akibat dari pembakaran tersebut, tekanan naik 60-200 kg/cm2 dan temperatur menjadi 600-900 derajat celcius.


d.Langkah buang (exhaust Stroke)
Exhaust valve terbuka sesaat sebelum piston mencapai titik mati bawah sehingga gas pembakaran mulai kuluar. Piston bergerak dari TMB à TMA mendorong gas buang keluar seluruhnya.


Jadi, 4 langkag putaran piston atau 2 kali putaran crank shaf akan menghasilkan 1 kali pembakara pada ruang bakar.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP