Created by Nk Bakrie. Diberdayakan oleh Blogger.

Memeriksa dan Menyetel Celah Katup

>> Minggu, 15 Januari 2012



Berikut cara memeriksa dan menyetel celah katup.. umumnya setiap kendaraan sama meski berbeda pabrik tapikan meski ada yang beda perinsip setiap mesin sama kan? Hehe
INGAT! Saat melakukan pemeriksaan dan penyetelan celah katup mesih harus dalam keadaan dingin.


1.     Lepas Tutup Kepala Silinder (cylinder kop)
2.     Posisikan Silender no 1 pada TMA Langkah Kompresi.
-          Putar puly crankshaft, dan luruskan lekukan pada puly dengan tanda O pada tutu rantai timing.
-          Periksa bahwa rocker arm silinder no 1 dan kendorkan serta rocker arms silinder no 4 kencangkan. Atau putar crankshaft satu putaran (360˚) dan luruskan tanda tersebut diatas.
3.      Periksa dan Stel Celah Katup
-          Ukur celah katup :
Celah katup (dingin) :  Katup masuk 0,13 mm (0,005 in) (sesuai book manual)
                                  Katup Buang  0,23 mm (0,009 in) (sesuai book manual)
Untuk, dan putar skrup penyetel untuk memperoleh celah benar.
Tahan sekrup penyetel pada mengukur celah katup antara batang katup dan rocker arm gunakan feller gauge. Kendorkan mur pengunci posisinya dan kencangkan mur pengunci.
Periksa celah katup kembali, feller gauge harus dapat bergerak/bergeser dengan lembut.
Putar Crangshaft satu putaran (360˚) dan luruskan tanda tersebut diatas. Lakukan penyetelan hanya pada katup yang ditunjukan tanda panah.
4.      Pasang Kembali Tutup kepala Silinder Sesuai Prosedur.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP