Mengenal warna gas buang pada Motor Diesel
>> Jumat, 20 Januari 2012
Seringkan kita melihat suatu kendaraan mengeluarkan gas buang? terkadang kita bingung kok setiap kendaraan kadang berbeda warna gas buangnya, apa sih penyeabnya? nah berikut kita bahas yah apa aja penyebabnya.. oke!! :)
Ada 3 warna gas buang yang menandakan kondisi mesin suatu kendaraan yaitu :
1. Gas buang berwarna Hitam
2. Gas Buang berwarna Putih
3. Gas Buang berwarna Biru
Marikita uraikan dari warna gas buang yang ditimbulkan pertama :
Gas Buang Warna Hitam
1. Saringan udara kotor
Meskipun volume penyemprotan pada pompa injeksi sudah sesuai, tapi apabila saringan udaranya kotor, maka akan mempengaruhi udara yang masuk kedalam silinder, udara yang masuk tidak sebanding dengan solar yang disemprotkan (udara terlalu sedikit). Solar tidak terbakar dengan sempurna, akibatnya asap menjadi Hitam.
2. Bentuk penyemprotan Nosel injeksi tidak sempurna
Penyemprotan Nosel tidak sempurna atau ada tetsan pada nosel injeksi ini akan menyebabkan solar tidak bercampur dengan udara secara sempurna. sebagian solar tidak terbakar, asap akan hitam.
3. Saat penyemprotan terlambat
maka solar juga tidak akan terbakar dengan sempurna.
4. Tekanan turbo carjer kurang
Biasanya pada motor-motor yang dilengkapi dengan sistem pengisian, udara tekanan pengisian silinder akan berkurang bila tekanan pengisian kurang. Hal ini disebabkan kerusakan pada turbo carjer atau ada kebocoran pada salurannya.
5. Kenalpot tersumbat
Pada motor yang mengunakan turbo carjer dan kenalpot tersumbat maka akan menyebabkan asap hitam. alasanya adalah apabila gas buang tidak keluar silinder dengan lancar, maka udara bersih yang masuk silinder berkurang , tetapi jumlah penyemprotan bahan bakar tetap sesuai untuk pengisian udara normal.
6. Volume penyemprotan tidak sesuai (terlalu banyak )
Sampai batas tertentu, penambahan volume penyemprotan akan menambah daya motor, tetapi penambahan volume yang terlalu banyak tidak akan menaikan lagi daya motor dan akan mengakibatkan asap hitam karena solar tidak dengan sempurna.
Gas Buang Warna Putih
1. Tekanan kompresi randah
2. Suhu mesin rendah (motor belum panas)
3. Saat penyemprotan terlalu awal
4. Ada air pendingin yang masuk kedalam silinder (melalui paking kepala silinder, atau retak)
Gas Buang Warna Biru
Oli ikut terbakar (kebocoran oli pada ring piston atau pada sil katup)
kalo ada masukan atau tambahan penyebab tolong dibantu yak di bantu en dimaklumin hehehe
jangan lupa komentar dan sarannya teman-teman :)
Ada 3 warna gas buang yang menandakan kondisi mesin suatu kendaraan yaitu :
1. Gas buang berwarna Hitam
2. Gas Buang berwarna Putih
3. Gas Buang berwarna Biru
Marikita uraikan dari warna gas buang yang ditimbulkan pertama :
Gas Buang Warna Hitam
1. Saringan udara kotor
Meskipun volume penyemprotan pada pompa injeksi sudah sesuai, tapi apabila saringan udaranya kotor, maka akan mempengaruhi udara yang masuk kedalam silinder, udara yang masuk tidak sebanding dengan solar yang disemprotkan (udara terlalu sedikit). Solar tidak terbakar dengan sempurna, akibatnya asap menjadi Hitam.
2. Bentuk penyemprotan Nosel injeksi tidak sempurna
Penyemprotan Nosel tidak sempurna atau ada tetsan pada nosel injeksi ini akan menyebabkan solar tidak bercampur dengan udara secara sempurna. sebagian solar tidak terbakar, asap akan hitam.
3. Saat penyemprotan terlambat
maka solar juga tidak akan terbakar dengan sempurna.
4. Tekanan turbo carjer kurang
Biasanya pada motor-motor yang dilengkapi dengan sistem pengisian, udara tekanan pengisian silinder akan berkurang bila tekanan pengisian kurang. Hal ini disebabkan kerusakan pada turbo carjer atau ada kebocoran pada salurannya.
5. Kenalpot tersumbat
Pada motor yang mengunakan turbo carjer dan kenalpot tersumbat maka akan menyebabkan asap hitam. alasanya adalah apabila gas buang tidak keluar silinder dengan lancar, maka udara bersih yang masuk silinder berkurang , tetapi jumlah penyemprotan bahan bakar tetap sesuai untuk pengisian udara normal.
6. Volume penyemprotan tidak sesuai (terlalu banyak )
Sampai batas tertentu, penambahan volume penyemprotan akan menambah daya motor, tetapi penambahan volume yang terlalu banyak tidak akan menaikan lagi daya motor dan akan mengakibatkan asap hitam karena solar tidak dengan sempurna.
Gas Buang Warna Putih
1. Tekanan kompresi randah
2. Suhu mesin rendah (motor belum panas)
3. Saat penyemprotan terlalu awal
4. Ada air pendingin yang masuk kedalam silinder (melalui paking kepala silinder, atau retak)
Gas Buang Warna Biru
Oli ikut terbakar (kebocoran oli pada ring piston atau pada sil katup)
kalo ada masukan atau tambahan penyebab tolong dibantu yak di bantu en dimaklumin hehehe
jangan lupa komentar dan sarannya teman-teman :)
0 komentar:
Posting Komentar