Created by Nk Bakrie. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara pengVacuman dan pengisian Refizregrant (Freon) pada system AC (Air Conditioner) (keluhan AC tidak Dingin)

>> Sabtu, 22 Januari 2011

Gambar : MPG & pemasangan pada system AC



1.  Pasang selang MPG(Manipol Pressure Gauge) ke kompresor dengan selang warna biru ke SUC (tekanan rendah) dan warna Merah ke DIS (tekanan tinggi)
2.    Hidupkan/di coba Sistem AC. Liat tekanan Pada MPG. Dengan tekanan standar pada Heigt pressure : 15 – 17 kg/cm2 dan Low Presure 1½ - 2 kg/cm2. Apa bila kurng dari itu matikan system AC dan lanjut pada langkah vacuum dan pengisian.
3.    Lepas selang kuning untuk pembungan sisa Refizregrant pada system dan buka kedua kran warna biru dan merah secara perlahan(dilakukan perlahan agar mencegah tidak ada oli yang keluar dari kompresor AC). Setelah habis terbuang tutup kembali kedua keran.
4.    Pasang warna selang kuning pada tabung Refizregrant(tabung dalam keadaan kran tertutup). VAcum system dengan cara menghidupkan pump vacuum setelah itu buka semua kran pada MPG (ada 3 kran). Wktu memVacum 10 menit.
5.    Tutup semua kran pada MPG dan matikan Pump Vacum, tunggu sekitar 30 detik untuk memastikan pada system tidak ada yang bocor dengan melihat pada pergerkan jarum pada MPG(apa bila jarum tidak bergerak berarti tidak ada kebocoran). Setelah 30 detik lalu Vacum kembali Sistem selama 30 menit.(hal ini untuk memastikan system benar-benr bersih dan benar-benar vacum).
6.    Setelah Pengvacuman kemudian ke langkah pengisian Refizregrant. Buka kran pada tabung Refizregrant setelah itu baru membuka kran warna biru dan merah pada MPG. Liat tekanan pada MPG sampai jarum berhenti setelah itu tutup kedua keran biru dan merah.
7.    Hidupkan system AC untuk melakukan pengisian kedua. Pada pengisian ini dengan kondisi mesin dan AC hidup, keran yg di buka hanya yang berwarna biru ( tekanan rendah) dengan melihat tekanan pada MPG yaitu : Heigt pressure : 15 – 17 kg/cm2 atau 250 Psi (max) dan Low Presure 1½ - 2 kg/cm2 atau 30 Psi (max).
8.    setelah mencapai pada tekanan tersebut dan pengisian selesai. Matikan AC dan  tutup kran pada tabung Refizregrant, selanjutnya lepas selang biru dan merah dari Compresor AC. (selesai)

1 komentar:

Unknown 11 Juni 2015 pukul 10.20  

bermanfaat sekali gan , untuk para newbi ,
tentang pressure
Pressure adalah perbandingan dari gaya dibagi luas penampang. Satuan Internasional dari pressure adalah Newton/m2 atau biasa disebut juga dengan Pascal.
smoga bermanfaat

http://polarinxinindo.co.id

Posting Komentar

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP