Created by Nk Bakrie. Diberdayakan oleh Blogger.

“ Tips Hemat Dalam Penggunaan Bahan Bakar Bensin ”

>> Senin, 24 Januari 2011


Emh…terkadang kita bnyak melihat berbagai macam cara untuk menghemat bahan bakar contohnya kita ambil penggantian karburator, di kenal karburator kijan Holden atau Colt T 120 di pasang pada mobil-mobil pemangsa premium (Ngeri amat dibilng pemangsa hehe…) hal ini biasanya menyebabkan mesin kurang bertenaga karena kapasitas karburator tidak sesuai.

Contoh lain lagi, pada karburator mobil yang mempunyai daya mesinnya besar dalam karburator nya tuh biasanya ada 2 jet. Nah banyak dilakukan dengan menganti jet dengan jet yang lebih kecil lubngnya hal ini bisa menghemat bensi tapi…. Nah ada tapinya lagi hehehe seperti yang sudah saya jelaskan perubahan ini akan membuat mesin kurang bertenaga. Lama kelamaan akan membuat mesin cepat rusak.
Baiklah karena ada pertanyaan dari beberapa orng tentang penghematan bahan bakar untuk kendaraan peminum bensin/premium. Mengingat bahan bakar pertamax yang mahal yang menguras kantong kita. Jadi ada beberapa tips untuk anda bisa menghemat pemakaian BBM.
  1. Lakukan perawatan secara berkala setiap 5000 km di bengkel resmi kendaraan anda. Lakukan tune Up pada mesin mobil anda agar pembakaran sempurna dan tidak terjadi pemborosan. Hal yang ringan tapi sangat penting yaitu filter udara, bersihkan secara hati-hati terutama bagi kendaraan yang sering ke daerah yang berdebu.
  2. Selanjutnya perhatikan gerak bebas kopling. Kopling yang "nyetut" akan membuat tenga putaran mesin yang diteruskan tidak akan maksimal. Coba kerja kopling dengan cara hidupkan mesi,n injak penuh pedal kopling lalu masukan gigi satu setelah itu lepas pedal kopling. Lihat pergerakan/pergeseran kendaraan dari tempat semula sampai berhenti. Jarak yang baik yaitu 50 dari jarak semula.
  3. Dalam mengemudi kendaraan janagn seenknya, lakukan penginjakan pedal dengan halus dan jangn mengejut-ngejut. Untuk mesin yang mengunakan RPM meter usahakan RPM tidak melewati 50%. Contoh Apabila tanda merah pada RPM 6000 usahakan dalam berkendara di jalan hanya menempuh RPM 3000. Dan pertahankan kecepatan mobil sering dengan kecepatan 80 km/jam atau tetap konstan. Bagi kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi over drive(gigi 5) apabila kecepatan di atas 80 km/jam pindahkan ke gigi over drive.
  4. Selanjutnya periksa tekanan ban, tekanan angin yang kurang pada ban akan mengakibat kan kendaraan tidak bergerak dengan ringan saat di jalan. Dan gunakan ban yang sesuai dengan kendaraan karna setiap ban mempunyai tekanan yang berbeda.
  5. Periksa system rem, apakah rem macet ? apabila macet maka akan membuat beban pada putaran mesin dan terjadi pemborosan pada bahan bakar.
  6. Ingat AC juga mempengaruhi bahan bakar sampai 15%. Jadi gunakan lah AC pada saat di perlukan. Atau anda bisa menambah exhaust fan hal ini bertujuan untuk memperlancar persirkulasian udara dalam mobil anda dengan lancer.
  7. Membuka jendela/kaca mobil. Ini kita lakukan bertujuan agar udara segar bisa masuk kedalam mobil. Tapi apabila anda membuka jendela ingat jangn cumin satu jendela yang di buka tapi 2 atau lebih. Hal ini agar udara yang masuk bisa keluar karna apabila hanya satu jendela yang dibuka. Maka akan menghambat pergerakan kendaraan anda dan akan menjadi beban pada mesin dan memboroskan bahan bakar.


"Created by Nk Bakrie"

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP