Created by Nk Bakrie. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Kerja Karburator

>> Selasa, 20 Desember 2011

Karburator yang melayani 4 silinder adalah jenis draft-horizontal. terdiri dari beberapa komponen yaitu :
1.  Tutup ruang pelampung bagian atas
2.  Klep plampung
3.  Pelampung
4.  Body
5.  Diafram pengayaan (Enrichment diapram)
6.  Kotak penygayaan (Enrichment case)
7.  Klep selenoid
8.  Skrup penyetel campuran kecepatan stasioner (Idle mixture adjusting screw)
9.  Skrup penyetel kecepatan stasioner (Idle speed adjusting screw)
10.Diapram pompa percepatan
11.Kotak pompa

Ruang pelampung 
Ruang pelampung dengan klep jarum adalah bak penerima bahan bakar dari pompa bahan bakar dan menyimpannya pada suatu tingkat permukaan yang konstan. pelampung mengikuti gerakan keatas dan kebawah permukaan bahan bakar sehinga menggerakan klep jarum.
Campuran kecepatan rendah
Pada saat mesin dihidupkan, bahan bakar mengalir keluar dari ruang pelampung melalui spuyer utama. kemudian diukur pada spuyer. bahan bakar dicampur dengan ukuran udara yang masuk pada spuyer udara no 1. Campuran udara dan bahan bakar ini akan masuk melalui klep selenoid dan akan dicampur lagi dengan udara yang masuk pada ruang spuyer no 2, dan campuran bahan bakar ini disemprotkan ke lubang bypass dan lobang stasioner yang ada didekat klep trottle. saat stasioner, campuran kecepatan rendah (yang datang dari spuyer) disemprotkan dari lubang stasioner dan akan dicampuri lagi dengan udara yang masuk ke lubang utama. Kemudian, campuran bahan bakar udara dapat diperbesar atau ditipiskan (diperkaya / dikuruskan) dengan memasang kembali skrup penyetel kecepatan stasioner campuran dalam kondisi longgar atau kencang menurut urutan masing-masing.

Campuran kecepatan tinggi
Dua sirkuit bekerja untuk menghasilkan kecepatan tinggi. satu sirkuit mulai dari spuyer utama yang mengukur(membatasi) dan mengalirkan bahan bakar dari ruang pelampung. Bahan bakar ini dicampur dengan udara yang diukur dan dimasukkan oleh spuyer udara utama. campuran ini dilakukan dalam tabung emulsi. campuran yang sudah di emulsi kemudian disemprotkan ke Venturi dari pipa keluar utama.
Sirkuit lainnya akan mulai bekerja bila vacum manifold jatuh dan menggerakan diafram yang ada pada alat pengayaan  (enrichment device) yang ada pada bodi karburator. saat diafram bergerak, maka klep diatasnya terbuka untuk mengeluarkan bahan bakar dan mengirimnya ketabung emulsi, dari tabung  emulsi disemprotkan melalui pipa keluar yang menuju kedalam venturi.

Sistem penambahan tenaga
Komponen utama pada sistem ini adalah pompa akselerasi (pompa percepatan) agar karburator memberikan aksi secara spontan pada pedal gas yang tiba-tiba ditekan saat mesin dalam kecepatan rendah atau kecepatan stasioner (langsam).
Tuas penggerak pompa ini dihubungkan pada sumbu trottle sehingga saat klep trottle membuka dengan cepat, maka tuas pompa menekan diafram keatas dengan demikian menutup klep bola hisap dan membuka klep bola buang. dengan demikian bahan bakar dipaksa keluar dari nozzle pompa ke venturi.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP