Created by Nk Bakrie. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara penyemprotan dan Pembentukan Campuran pada Motor Diesel

>> Senin, 12 Desember 2011


1.       Injeksi Langsung (Bentuk Bak)
Bagian-bagianya meliputi : injektor (jenis lubang banyak) dan ruang bakar.
Bentuk ruang bakar  terletak didalam silinder dimana macam-macam ruang bakar meliputi ada yang : Bentuk Bak, Bentuk Setengah Bola, Bentuk hati dan bentuk Bola.

Cara kerja :
Bahar bakar disemprotkan langsung kedalam silinder . Nosel injeksi biasanya mempunyai beberapa lubang (lubang banyak), bentuk ini biasanya penggunaan nya pada motor-motor besar.
Keuntungan : a. Efisiensi dan daya tinggi, b. Dapat dihidupkan tanpa pemanas.
Kerugian : a. Suara keras, b. Pompa injeksi dan injektor lebih mahal, karena tekanan penyemprotanya lebih tinggi.

2.       Injeksi tidak langsung (kamar pusar)
Bagian-bagianya meliputi : Injektor, Busi pijar, ruang bakar dan saluran penghubung.
Bentuk ruang bakar terletak diluar silinder, dimana macam-macam ruang bakar biasanya meliputi  kamar pusar dan kamar muka.
Cara kerja :
Udara dikompresikan didalam ruang bakjar. Karena saluran penghubung menuju ke ruang bakar berkontruksi miring, maka udara menerima ledakan yang mempermudah pembentukan campuran pada saat bahan bakar disemprotkan . olehkarena itu tekanan injektor bisa lebih renda dan nosel cukup dengan satu lubang. Bentuk ini biasanya digunakan pada motor diesel kecil dan sedang.
Keuntungan :
a.       Suara lebih halus daripada sistem injeksi langsung.
b.      Perlengkapan injeksi lebih murah hal ini disebabkan karena tekanan injeksi lebih rendah.
Kerugian :
a.       Efisiensi dan daya kurang dari pada injeksi langsung.
b.      Memerlukan sistem pemanas mula.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP